Resep Pepes Ikan

>> Monday, April 19, 2010

Biasanya kalau untuk pepes, ikan yang dipakai ikan mas. Tapi disini kemarin saya pakai ikan apa ya? lupa gak ditulis, yang pasti ikan lokal...hehe...Disesuaikan dengan ikan yang tersedia saja.

Mungkin Anda akan menemukan banyak versi resep ikan pepes ini, tapi yang ini original saja. Kalau mau dilengkapi ya silakan saja. Berikut ini resep pepes ikan selengkapnya.

Bahan:
ikan mas utuh, bersihkan (saya pakai ikan lokal saja)
cabe merah utuh atau boleh juga diiris serong, cabe rawit juga boleh
daun kemangi
daun singkong
daun bawang diiris-iris
serai, potong-potong, dimemarkan
daun salam
tomat diiris bulat
daun pisang untuk membungkus
lidi/tusuk gigi untuk menyemat

Bumbu dihaluskan:
cabe merah
kunyit sedikit
bawang merah
bawang putih
kemiri
garam

Cara Membuat:
1. Tumis bumbu, masukkan sedikit air.
2. Masukkan ikan, masak sampai kuah kering, tapi jangan terlalu matang.
3. Matikan api, tutup wajan, biarkan sampai bumbu meresap.
4. Ambil daun pisang, beri daun singkong, daun kemangi, salam, serai, lalu ikan, beri tomat iris, cabe utuh/iris, daun bawang, tutup lagi dengan daun singkong.
5. Bungkus rapi, semat dengan lidi/tusuk gigi.
6. Kukus sampai matang.
7. Lebih sedap bakar sebentar di atas bara api, sambil dibalik balik.
8. Angkat, hidangkan.

Ada juga cara berbeda, ikan yang telah direndam bumbu langsung dibungkus bersama daun singkong dan bumbu lainnya, jadi ikan tanpa dimasak sebentar. Tapi dengan cara bumbu ditumis terlebih dahulu dan ikan dimasak sebentar, kita bisa mencicipi, misalnya kurang garam/yang lainnya kita bisa menambahkan.

Selamat mencoba!

Share to your friends:

47 comments:

BeDa 19 April 2010 07:24  

Subhaanalalah... lama tidak silaturahim ke sini, resepnya semakin sedap.

Salam ukhuwah

wawank 19 April 2010 07:41  

ikan pepes ya, aku mo coba! aku belum pernah coba!

inge / cyber dreamer 19 April 2010 07:42  

kalau aku biasanya pakai ikan tongkol hehe..

Rizky2009 19 April 2010 08:10  

siang2 gini di suguhi ikan pepes, man\tab, kebetulan nih aq belum makan

msafru 19 April 2010 08:30  

Kalau dirumah sich biasanya bakarnya diatas tungku yang dikasih genting, maklum masih kampung he...he...he...

daniel wahyu perbawa 19 April 2010 08:42  

siang mbak narti kunjungan rutin...
wah waktu makan siang malah baca pepes
jadi tambah laper hehhehe

Sou Stalker 19 April 2010 08:44  

untung saya sudah makan,jadi kali ini gak ngiler deh. .Hehehe. .
met siang ya mbak.

Bunglon Blog 19 April 2010 08:52  

haduh mbak..kalo inget ikan pepes pingin cepet2 pulang kerumah rindu sama ibu hehe...
mantep tenan mbak...
Sukses Slalu!

antok 19 April 2010 09:02  

hmmm
pantes jadi laper
ternyata tercium bau pepes nuy heheh
makasih yaw resepna
:D

darahbiroe 19 April 2010 09:02  

pepes aku suka banget baunya
harum enak
dan menggugah selera makan kita hehhe

rumah blogger 19 April 2010 09:21  

wah lama saya ketinggalan informasi, langsung sedot aja ya mbak..bolehkan??

sabirinnet 19 April 2010 09:24  

saya copas aja, untuk koleksi resep pilihan, soalnya kalau urusan pepes saya paling suka, khususnya Patin. thanx sharenya mbak ya

Rock 19 April 2010 10:19  

Jadi lapar nich mbak... hahaha...

LL 19 April 2010 10:23  

Ini juga salah satu makanan favorit ayahku mbak, aku juga suka.
Setiap ke bandung kerumahnya nenek, pasti makan pepes ikan mas, soalnya nenekku punya kolam ikan...

Herdoni Wahyono 19 April 2010 11:04  

Bila cuaca terang dan panas, sambil lesehan terasa nikmat makan Pepes Ikan ini. Nasinya hangat dan frestea ada disamping, kita bisa nambah lagi lho. Trims info resepnya.

Antaresa 19 April 2010 12:03  

wah aku ngga begitu suka ikan pepes mba, kayanya kalo digoreng lebih enak. apalagi kalo pake sambel

Gus Ikhwan 19 April 2010 12:21  

iya mbak narti, ciri khas blog mbak narti tentang resep masakan, kalau nara blogger menyebut nama mbak narti yang teringat bpasti blog tentang resep masakan..
mbak,gus izin copas buat resep biar nyokap atau pacar mau mbikinin...\
makasih udah share ilmunya

Rhyzaboy 19 April 2010 13:18  

Yang penting cabenya ditambah,,, biar tambah mantep...

penghuni60 19 April 2010 15:33  

belum nyobain aku udah ngiler dulu nih...

gayuh 20 April 2010 05:34  

waaaah.. sungguh mantabs. swasembada yang sangat mewah itu

NyieL ^_^ 20 April 2010 06:17  

Ok dech!
Langsung dicoba resep na!
Q Lagi Belajar masak ni ^^

Febriyanto(フェブリヤント) 20 April 2010 07:27  

keknya enakan yang digoreng ato dibakar.... hmmm nyummy.... :D

NURA 20 April 2010 08:53  

salam sobat
mau banget pepes ikannya mba,,tapi daunnya di saya jarang sekali ada.
saya kopas ya ,,resepnya.

Indahnya Berbagi 20 April 2010 09:23  

Selama di saudi sy jarang makan ikan, rindu jg ada ama mknan bukan hnya pd tanah air, kampung halaman dan keluarga. Doain ukh, visa zauj blm keluar.

Resepx bikin gimana gtu? pasti yummi walau dgn ikan lokal ya ukh?!

setting gprs 20 April 2010 13:00  

nah ini dia yang ku suka, tapi aku lebih suka ikan laut mba

Kolom ponsel 20 April 2010 13:53  

Mantap bener kayaknya bila di hidangkan bersama nasi yang hangat, heemmmm,,,, cukup menggiurkan...

tomo 20 April 2010 14:15  

Pepes ikan enak kawan.Hmmm jadi kepingin

zhulian 20 April 2010 16:15  

hmmmm......aromanya menggugah hati.

Maaf mbak, baru bisa sowan sekarang. Resepnya makin ok nih!

the others 20 April 2010 17:43  

Pepes..? Siapa yg mau nolak coba..? Uenak tenan pastinya... hehehe

catatan kecilku 20 April 2010 17:43  

Tiap mampir kesini jadi lapar melulu mbak... help me... ^_^

Kang Sugeng 20 April 2010 18:03  

hmmmm.... nyam nyam nyam... uenyak... mau dong mbak pepesnya

Mamah Aline 20 April 2010 19:07  

enak tenan... mba... apalagi kalo pepesnya pake cabe rawit geruntulan ya...

asidiq 20 April 2010 19:23  

pastinya enyak niieeh..

Infophone-kdr 21 April 2010 02:21  

Wach makin enak2 nich mbak resepnya jadi gak sabar ingin mencoba,btw ikan lokalnya apaan nich mbak Narti hehehe...:D

Btw pakai pindang juga enak tuch mbak coz saya pernah dimasakin pakai pindang hohoho...:D

kang tejo 21 April 2010 03:30  

lebih enak pepes ikan laut mbak n pepes cumi-cumi...beuh..muanteppppp tenan heheh

Frank 21 April 2010 04:22  

salam silaturahmi sambil menghayati tu makanan, duh laperrr heheh

Alrezamittariq 21 April 2010 05:23  

slurrppp....
lapeerrrrrr

rizalsaputra81 21 April 2010 05:37  

wih enaknya, kunjung balik yah. . .

Daftar blogger Indonesia 21 April 2010 06:31  

asik asik...., makan lagi .... hehehehehehehehe

riz 21 April 2010 10:51  

waahhh pasti resep kali ini rasanya asoyyy tenan... uenak..
jadi kepingin :)
terimaksih sudah berbagi sobat

hendro-prayitno 21 April 2010 14:11  

aduh,,jadi laper nih..andaikan kita bisa ketemu ajarin aku masak ya,,bandeng presto aku suka tuh pepesnya

aaSlamDunk 21 April 2010 14:51  

lhoh kok pake tomat ya?
beda nih?

Business and financial services 21 April 2010 14:53  

hmm lumayan juga pepes ikan...tapi kalau ikan saya lebih suka dibakar :)

Gus Ikhwan 21 April 2010 18:33  

mampir lagi ah, ga bosen↓3nya mampir kesini

Regi_Adi 22 April 2010 01:26  

wew, enak nih buat sarapan...hehehehehe

salam kenal ya...

akhatam 25 April 2010 16:51  

Hmmm Ane Suka yg ini nih... Pepes Ikan... sedapp... heheheh

ovi 26 January 2012 10:40  

Pepes ikannya menggoda mbak, salam kenal :)

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP