Resep Rujak Cingur Surabaya

>> Friday, April 16, 2010

Kemarin siapa yang bertanya resep rujak Cingur? Aku akhirnya buka kamus dulu.
Cingur adalah tulang rawan dari bagian hidung dan bibir atas sapi. Biasanya ditemui dalam rujak cingur.(sumber wikipedia).
Setelah membacanya, di sini dimana bisa beli cingur? bilang sama penjualnya apa namanya? hehe...ternyata sulit.
Saya akhirnya nyari saja resepnya, maaf aku belum praktek resep ini.Rujak Cingur ini lebih populer di daerah Jawa Timur, khususnya Surabaya. Bagi yang sudah praktek, kalau sudah matang, boleh dikirim kesini. hehe....

Resep Rujak Cingur 1

Resep dan gambar Rujak Cingur dari http://usahakuliner.blogspot.com/

Bahan:

* 50 gram kangkung, dicuci bersih
* 50 gram taoge
* 75 gram kecipir (belah daun memanjang)
* 100 gram bangkuang
* 75 gram mentimun
* 50 gram mangga muda
* 75 gram tempe goreng
* 100 gram tahu goreng
* 250 gram cingur (tulang rawan hidung sapi)/kulit/kikil sapi, direbus
* Sambal petis

Cara membuat:

* Rebus kangkung, taoge, dan kecipir sampai matang, angkat.
* Potong mentimun, bangkuang, mangga muda, tempe goreng, tahu goreng dan cingur yang sudah direbus matang, sisihkan.
* Campur semua bahan di piring cekung lalu disiram dengan sambal petis. Aduk sampai rata. Siap dihidangkan.

Resep Rujak Cingur 2
Sumber: tabloid nyata

Bahan:
100 gram kangkung tanpa batang
100 gram taoge, siangi
250 gram cingur
tempe goreng secukupnya, potong kotak
tahu goreng secukupnya, potong kotak
200 gram kikil sapi
100 gram lontong

Bumbu kacang:
100 gram kacang tanah, sangrai
60 gram gula merah
2 sdm petis udang
1 buah pisang batu/klutuk, iris
1 siung bawang putih, goreng
garam secukupnya
75 ml air asam

Cara Membuat:
1. Cuci bersih kikil dan cingur sapi, rebus hingga matang dan lunak. Angkat, tiriskan, dan potong-potong.
2. Cuci bersih tiap sayuran, rebus secara terpisah hingga matang, sisihkan.
3. Bumbu Kacang: campur kacang tanah, gula merah, pisang batu, bawang putih, garam, dan petis, haluskan, tuang air asam, aduk rata.
4. Atur sayuran rebus, kikil, tahu, tempe, cingur, lontong, dalam piring saji.
5. Sajikan bersama bumbu kacang.

Untuk 2 porsi
Selamat mencoba!

Baca juga yang ini:
Cara membuat taoge.
Cara membuat lontong pakai plastik.

Share to your friends:

43 comments:

akhatam 16 April 2010 at 06:29  

Rujak Surabaya?belum pernah nyobain nih... Simpen dulu deh resepnya.. Makasih Narti..

Rock 16 April 2010 at 06:39  

Siang-siang makan rujak enak nich...
Tp kalau rujak cingur aku belum pernah nyobain mbak...

Sou Stalker 16 April 2010 at 06:40  

=_= saya semi vegetarian mbak,gak mam daging sapi dan sejenisnya. mungkin kalo cingurnya diganti ,enak juga kali ya. .

LL 16 April 2010 at 06:41  

Rujak koq ada kangkungnya ya mbak?
Bukannya rujak itu bahannya cuma buah-buahan?

nuranuraniku.blogspot.com 16 April 2010 at 08:18  

salam sobat
nah ini dia rujak cingur ,sip mba,
ngga perlu ke Surabaya , cukup resep mba Narti,,

Belajar Desain Grafis 16 April 2010 at 08:58  

hihihihihi... engan nech....

Jago masak dah mbak narti...,
di blog ini isinya resep masakan semua...
hihihihihi

The international times 16 April 2010 at 09:08  

gw belum pernah mencoba tuh rujak cingur...jadi penasaran :)

secangkir teh dan sekerat roti 16 April 2010 at 11:30  

oh ya,,, selain saya gak punya wajan (komen saya di ayam goreng itu) saya jugagak punya cobek buat ngulek rujak, hehehe

Anonymous 16 April 2010 at 11:43  

Rujak cingur emang enak tenan mbak.. pantas buat dicoba..

Infophone-kdr 16 April 2010 at 17:07  

Wach mantep nich mbak dan merupakan salah satu makanan favorit saya, apalagi kalau cingurnya banyak dan pedas pasti rasanya uenak tenan kalau orang jawa bilang hehehe...:D

pojok newbie 16 April 2010 at 18:05  

salam kenal, saya belum pernah coba rujak cingur, boleh dicoba nich

Anton 16 April 2010 at 19:20  

Sepertinya enak mbak, sayangnya saya blum pernah nyobain.

Unknown 17 April 2010 at 05:02  

sinag2 tu paling enak makan rujak hehehhee
maksaih resepnya mbak hehehe

Yunna 17 April 2010 at 07:47  

aku suka banget sama rujak ini....

Blogger 17 April 2010 at 08:22  

siang mbak...
wehe ada rujak cingur disini mau dunk...hehe
izin bookmark ya mbak nanti pingin nyoba nech hihi..
h ya mbak resep menambah fasilitas reply di kotak komentar sudah saya buatkan, silahkan dicicipi hayah..!
Sukses Slalu!

Ninneta - MissPlum 17 April 2010 at 09:06  

aaku ngga terlalu suka rujak cingur.. tapi tunanganku suka.. ntar aku coba bikin ahhhh... makasih yaa

admin 17 April 2010 at 20:09  

hahahah saya tahu siapa yg tanya mbak..

enak kuwi mbak tapi aku rujake ae cingure g usah heheh..
cz kemarin saya salah nyebut maksudnya rujak biasa g pake cingur

U-marr 17 April 2010 at 22:02  

wah rujak lagi yah..
stelah dapet resepnya dr sini, saya pngen coba-coba ah buatnya dan ngrasainnya... krena saya blum prnah ngrasain :P

eh iy mbak, sy rquest resep rujak bebek nih.. dtunggu yah??

Unknown 18 April 2010 at 10:47  

datang mengunjungi sahabat ku...semoga sehat slalu...amin..

Kang Sugeng 18 April 2010 at 10:49  

jiahahaha... cingur iku artine opo se Ning? Aku yo arek Suroboyo lho, hehe...

andi bacil 18 April 2010 at 11:09  

Jadi pengen makan rujak cingur...

catatan kecilku 18 April 2010 at 11:10  

Aku suka rujak cingur mbak.. tapi selama ini gak pernah bikin, lebih milih beli... ^_^

the others 18 April 2010 at 11:13  

Pesen 1 mbak ya..., tapi jangan pedes... hehehe
Sueerrr... aku pengen banget nih..!

nuranuraniku.blogspot.com 18 April 2010 at 12:26  

salam sobat
makin mantap rasanya rujak cingur ya,,kalau ditambah kerupuk..seperti di gambar ini..makin ngeces,,

rumah blogger 18 April 2010 at 12:34  

wah banyak ketinggalan resep makanan disini, mau lihat-lihat dulu akh..

sabirinnet 18 April 2010 at 12:35  

lama tidak berkunjung ya mbak ternyata byk perubahan khususnya resepnya tambah lezat aja nich...

saya lama offline, jadi baru bisa mampir sekarang.

Bang Ancis 18 April 2010 at 14:08  

He..he.. begitu ya, saya yg tinggal di surabaya aja ga tau tuh cara n resepnya...

Frank 18 April 2010 at 17:16  

jadi laper hehhehe

BaS 18 April 2010 at 17:29  

ya ampun!! ini makanan favoritku....

Mba kalo nanti mampir ke Malang, aku traktir deh ampe puassss.....bukan dibuatin lho yaa...aku ndak bisa bikinnya soalnya

Rizkyzone 18 April 2010 at 17:41  

pas ke surabaya aq pernah ngrasain rujak cingur, bener ajib rasanya mb'

narti 18 April 2010 at 17:59  

@ BaS, makasih ya....

NIRMANA 18 April 2010 at 19:26  

resep yang super pedas ini, cocok buat lidah saya.

sekolah internet marketing 18 April 2010 at 20:11  

enak kayanya ambarya, dari gambarnya dah menggiurkan.. srluup..

Infophone-kdr 18 April 2010 at 21:42  

Kunjungan rutin ditmpt mbak narti semoga tetap semangat dan sehat selalu,amien.

angger 18 April 2010 at 21:52  

wah belum pernah coba tuh mbak rujak cigur surabayanya

kolom ponsel 19 April 2010 at 03:15  

Gimana rasanya ya ?..
Ada gak ya di tangerang ya ?...
Soalnya kl buat sendiri pasti gak enak, maklum mbak soal masak-memasak 0 besarni.

trik tips bisnis online 19 April 2010 at 04:47  

mksh resepnya mbak...mau dicoba aha....

Gus Ikhwan 19 April 2010 at 05:01  

Jago masak dah mbak narti...,
di blog ini isinya resep masakan semua...
hihihihihi
mampir balik ya
dan mungkin postingans aya ini berkaitan dengan mbak narti ciri khas blog mbak narti tentang masakan

narti 19 April 2010 at 05:21  

@ Gus Ikhwan, dari sini blog Anda tidak bisa dibuka, kenapa ya?

- 25 April 2010 at 20:53  

Mbak, terus terang saya penasaran menu ini. Tapi sampai sekarang belum berani coba karena terbanyang cingurnya itu.

kakara 12 May 2010 at 04:26  

Masih tidak terbayang, rujak cingur itu yang bagaimana.. disini tidak ada mba, atau mungkin aku yang kuper ya.
maaf baru kesini.

HIP - HOP ONLINE 10 October 2011 at 08:46  

ma kasih ya mbak infonya .............
ijin eksperimen dulu ma istri .......... :D
Lam kenal juga ya

mastuki,  22 November 2012 at 10:34  

hem ada tugas suruh nyarik makanan indonsia. ketemu ma rujak cingur haduh yaknya ena tuh......... tapi kapa aku bisa makan rujak cingur ......... hehehehehhe

ngiler.com

Post a Comment


- Terima kasih sudah berkunjung ke dapurpunyaku.blogspot.com
- Semua komentar di moderasi terlebih dahulu.
- Yang tidak punya blog, tulis komentar, lalu pilih Name/URL, isi nama saja, URL dikosongkan.
Misalnya: Yuke-Japan
- Komentar yang berbentuk link akan dihapus.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

  © Welcome to my kithen since January 9, 2009

Privacy Policy | Back to TOP